Contoh Diagram Objek Perpustakaan



Contoh Diagram Objek Perpustakaan
- Class diagram adalah diagam yang digunakan untuk menampilkan sebagian kelas serta paket-paket yang ada di dalam sistem/perangkat lunak yang tengah kita gunakan. Class diagram berikan kami gambaran (diagram statis) berkenaan sistem/perangkat lunak dan relas-relasi yang tersedia didalamnya.

Dan menurut Whitten L. Jeffery definisi kelas diagram / Class Diagram adalah kumpulan objek-objek bersama dan yang membawa struktur umum, behavior umum, relasi umum, dan semantic/kata yang umum. Class-class ditentukan/ditemukan dengan cara memeriksa objek-objek di dalam sequence diagram dan collaboration diagram. Sebuah class digambarkan layaknya sebuah bujur sangkar bersama dengan tiga anggota ruangan. Class sebaiknya diberi nama pakai kata benda sesuai bersama domain/bagian/kelompoknya (Whitten L. Jeffery et al, 2004).

Class Diagram menurut ahli diagram internasional adalah diagram yang menunjukan class-class yang ada berasal dari sebuah proses dan hubungannya secara logika. Class diagram melukiskan susunan statis berasal dari sebuah sistem. Karena itu class diagram merupakan tulang punggung atau kapabilitas dasar dari hampir setiap metode berorientasi objek termasuk UML (Henderi, 2008). Sementara menurut (Whitten L. Jeffery et al 2004:432) class diagram adalah gambar grafis tentang susunan objek statis dari suatu sistem, menunjukan class-class objek yang menyusun sebuah proses dan juga pertalian pada class objek tersebut.

Elemen-eleman class diagram dalam pemodelan UML terdiri dari: Class-class, struktur class, sifat class (class behavior), perkumpulan/gabungan (association), pengumpulan/kesatuan (agregation), ketergantungan (dependency), relasi-relasi turunannya, keberagaman dan indikator navigasi, dan role name (peranan/tugas nama).

Dibawah ini saya memberikan beberapa deskripsi untuk contoh diagram objek perpustakaan
:





Contoh Diagram Objek Perpustakaan<br/>
contoh diagram objek perpustakaan , image via : studylibid.com










Sedangkan menurut Wikipedia Diagram kelas adalah blok bangunan utama pemodelan berorientasi objek. Ini digunakan untuk pemodelan konseptual umum berasal dari susunan aplikasi, dan untuk pemodelan rinci menerjemahkan type ke dalam kode pemrograman. Diagram kelas juga mampu digunakan untuk pemodelan data. Kelas-kelas didalam diagram kelas mewakili elemen utama, interaksi didalam aplikasi, dan kelas yang bakal diprogram.

Dalam diagram, kelas diwakili bersama kotak yang berisi tiga kompartemen:

1. Kompartemen atas berisi nama kelas. Itu dicetak didalam huruf tebal dan di tengah, dan huruf pertama ditulis bersama dengan huruf besar.

2. Kompartemen sedang berisi atribut kelas. Mereka dibaris kiri dan huruf pertama adalah huruf kecil.

3. Kompartemen bawah memuat operasi yang bisa dijalankan kelas. Mereka juga rata kiri dan huruf pertama adalah huruf kecil.

Dalam perancangan sistem, sejumlah kelas diidentifikasi dan dikelompokkan bersama dalam diagram kelas yang membantu menentukan pertalian statis di pada mereka. Dengan pemodelan terperinci, kelas-kelas desain konseptual kerap dibagi jadi sejumlah subclass.

Semoga artikel contoh diagram objek perpustakaan
diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment

0 Comments