Contoh Diagram Venn soal Cerita



Contoh Diagram Venn soal Cerita
- Class diagram adalah diagam yang digunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang tersedia dalam sistem/perangkat lunak yang sedang kita gunakan. Class diagram memberi kita gambaran (diagram statis) tentang sistem/perangkat lunak dan relas-relasi yang ada didalamnya.

Dan menurut Whitten L. Jeffery definisi kelas diagram / Class Diagram adalah kumpulan objek-objek bersama dan yang membawa struktur umum, behavior umum, relasi umum, dan semantic/kata yang umum. Class-class ditentukan/ditemukan bersama dengan cara memeriksa objek-objek dalam sequence diagram dan collaboration diagram. Sebuah class dilukiskan layaknya sebuah bujur sangkar bersama dengan tiga anggota ruangan. Class sebaiknya diberi nama mengfungsikan kata benda sesuai dengan domain/bagian/kelompoknya (Whitten L. Jeffery et al, 2004).

Class Diagram menurut pakar diagram internasional adalah diagram yang menunjukan class-class yang ada dari sebuah sistem dan hubungannya secara logika. Class diagram menggambarkan struktur statis berasal dari sebuah sistem. Karena itu class diagram merupakan tulang punggung atau kapabilitas dasar dari nyaris tiap-tiap metode berorientasi objek terhitung UML (Henderi, 2008). Sementara menurut (Whitten L. Jeffery et al 2004:432) class diagram adalah gambar grafis berkenaan struktur objek statis dari suatu sistem, menunjukan class-class objek yang menyusun sebuah sistem dan terhitung pertalian antara class objek tersebut.

Elemen-eleman class diagram di dalam pemodelan UML terdiri dari: Class-class, struktur class, pembawaan class (class behavior), perkumpulan/gabungan (association), pengumpulan/kesatuan (agregation), ketergantungan (dependency), relasi-relasi turunannya, keberagaman dan indikator navigasi, dan role name (peranan/tugas nama).

Dibawah ini saya berikan lebih dari satu gambaran untuk contoh diagram venn soal cerita
:






Sedangkan menurut Wikipedia Diagram kelas adalah blok bangunan utama pemodelan berorientasi objek. Ini digunakan untuk pemodelan konseptual lazim berasal dari struktur aplikasi, dan untuk pemodelan rinci menerjemahkan model ke didalam kode pemrograman. Diagram kelas juga bisa digunakan untuk pemodelan data. Kelas-kelas dalam diagram kelas mewakili elemen utama, pertalian dalam aplikasi, dan kelas yang dapat diprogram.

Dalam diagram, kelas diwakili dengan kotak yang memuat tiga kompartemen:

1. Kompartemen atas berisi nama kelas. Itu dicetak dalam huruf tidak tipis dan di tengah, dan huruf pertama ditulis bersama huruf besar.

2. Kompartemen sedang memuat atribut kelas. Mereka dibaris kiri dan huruf pertama adalah huruf kecil.

3. Kompartemen bawah memuat operasi yang mampu ditunaikan kelas. Mereka termasuk rata kiri dan huruf pertama adalah huruf kecil.

Dalam perancangan sistem, sejumlah kelas diidentifikasi dan dikelompokkan bersama dengan dalam diagram kelas yang menunjang menentukan pertalian statis di antara mereka. Dengan pemodelan terperinci, kelas-kelas desain konseptual sering dibagi jadi sejumlah subclass.

Semoga artikel contoh diagram venn soal cerita
diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment

0 Comments